Apa Itu Propagasi DNS?

Apa Itu Propagasi DNS?

Apa Itu Propagasi DNS? – Secara sederhana, propagasi DNS adalah waktu tunggu untuk mengenali DNS baru pada sebuah jaringan. Propagasi DNS terjadi, ketika Anda melakukan perubahan DNS pada domain, baik secara disengaja maupun karena sebelumnya domain sempat expired.

Apa itu propagasi DNS?

Propagasi DNS adalah masa tunggu pengenalan DNS pada domain, dari koneksi internet yang mengakses domain tersebut. Pada umumnya, lama waktu propagasi DNS kurang lebih 1-48 jam dan setiap provider koneksi internet berbeda-beda waktu propagasi dns tersebut.

Lama atau cepatnya propagasi DNS, tergantung dari kecepatan resolver ISP yang Anda gunakan, dalam mengenali DNS pada domain.

Mengapa Propagasi DNS harus menunggu?

Proses menunggu Propagasi DNS disebabkan karena proses internet berjalan melalui beberapa tahap. Tahapan apa saja yang dilalui ketika kita akses internet hingga bisa terakses domain tersebut:

  • Ketika kita akses domain https://winfoku.com/ menggunakan browser, maka browser akan meminta pemetaan IP terhadap domain yang kita akan akses melalui dns resolver. Dan dns resolver akan konfirmasi ke dns server (Name Server) untuk memastikan domain tersebut terdapat query dns.
  • Name Server akan melakukan pengecekan di local database server dns, apabila setelah dilakukan pengecekan menemukan record dns yang ditemukan ( seperti A record, MX record dll ), maka name server akan mengembalikan proses ke dns resolver untuk penerjemahan IP domain tersebut.
  • Setelah dns resolver menemukan record dns domain winfoku.com barulah kita dapat mengakses domain tersebut.

Apa saja yang mempengaruhi propagasi?

  • Umur Domain : Domain yang baru saja diaktifkan dan baru saja disetting dns akan membutuhkan waktu relatif lama untuk bisa diakses dari pada domain yang sudah lama didaftarkan.
  • DNS ISP yang Dipergunakan : Pada umumnya setiap provider internet menggunakan DNS server cache. Pada DNS server cache akan mempengarui berapa lama propagasi dns yang dibutuhkan, hal tersebut tergantung dari berapa lama waktu refresh dns yang disediakan oleh dns server cache isp tersebut.
  • Registrar Domain : Domain name internasional atau TLD biasanya memiliki respon yang lebih cepat jika dibandingkan registrar domain name lokal atau ccTLD.
Baca Juga:  Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow pada Website

Cek Propagasi DNS

Ada beberapa cara untuk mengecek propagasi DNS pada domain, salah satunya dengan melakukan test ping dan tracert dari koneksi yang Anda gunakan.

Apabila Anda baru saja melakukan perubahan (create atau edit) DNS ke IP server baru, Anda bisa mencoba melakukan test ping untuk cek propagasi domain.

Jika hasil ping domain telah mengarah ke IP tujuan, maka artinya propagasi DNS sudah selesai dari koneksi Anda. Namun jika hasil ping domain belum mengarah ke IP yang baru, maka artinya koneksi Anda masih dalam proses propagasi DNS.

Anda juga bisa menggunakan tools DNS checker untuk memastikan bahwa DNS Anda telah mengarah ke IP yang tepat atau belum.

Solusi untuk Mempercepat Propagasi DNS?

Pada dasarnya, propagasi DNS tidak bisa dipercepat. Lama atau cepatnya propagasi, tergantung dari kecepatan resolver ISP (Internet Service Provider) yang Anda gunakan dalam mengenali perubahan dns pada domain.

Namun ada alternatif untuk mengakali propagasi DNS, yaitu dengan cara modifikasi filehost.

Demikian panduan kami tentang Apa Itu Propagasi DNS dan Propagasi DNS pada Domain, semoga bermanfaat.

WhatsApp Kami