Digital Marketing Dalam Bisnis

Digital Marketing Dalam Bisnis

Ketika teknologi dan kemajuan internet sudah berkembang pesat, peranan digital marketing baru-baru ini cukup membawa keuntungan dan efisiensi bagi para pelaku bisnis. Namun tidak sedikit juga yang masih belum paham apa itu digital marketing dan bagaimana cara memanfaatkan digital marketing dalam bisnis?

Bagi kamu terutama yang baru memulai bisnis dan usaha, mimin yakin banget kalau siapa sih yang nggak ingin bisnisnya dikenal banyak orang, yang dimana hal seperti itu bisa membawa penjualan dan omzet bisnis kalian semakin meningkat kan. Mengesampingkan dulu beberapa faktor penentu “sukses” dalam berbisnis, seperti contohnya adalah permintaan market dan kompetisi market, disinilah fungsi dan peran penting dari Digital Marketing.

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing yang artinya pemasaran digital, adalah kegiatan pemasaran (iklan) yang dilakukan secara digital atau lebih berfokus pada platform media online seperti misalnya sosial media, website, forum online ataupun mesin pencarian (search engine) seperti contohnya Google.

Yupp! Kamu tidak salah tafsir lagi, arti dari digital marketing secara harafiah dan sederhana dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran, dimana pembuatan dan penempatan iklannya ditargetkan secara online. Pada dasarnya kegiatan digital marketing ini dapat dilakukan secara gratis (organic channels) dan berbayar (paid channels). Mimin akan jelasin secara singkat tentang organic channels dan paid channels dibagian bawah nanti.

Digital marketing adalah suatu bentuk cara lain dari sebuah pemasaran offline konvensional pada umumnya. Ada beberapa alasan penggunaan digital marketing lebih disukai banyak para pelaku bisnis diantaranya adalah dampak pemasaran yang lebih akurat, proses pemasaran yang lebih menghemat waktu dan efisien, dan juga dapat menghemat biaya pemasaran iklan yang cukup signifikan dibanding dengan cara pemasaran offline pada umumnya.

Banyak dari pelaku bisnis Indonesia yang melakukan digital marketing dengan menempatkan iklan online di beberapa media sosial terbesar dan terkenal di Indonesia seperti misalnya Facebook, TikTok, dan Instagram. Menempatkan iklan di sosial media seperti itu tidak salah, namun jika tidak didasari dengan ilmu penargetan yang tepat maka dapat saja pemasaran atau iklan yang sudah dibuat menjadi tidak relevan dan dapat berdampak pada kerugian.

Kenapa Penting Dalam Bisnis?

Sudah bukan menjadi rahasia umum kalau kesempatan sukses dalam berbisnis kini semakin sempit dan menjadi persaingan semua pelaku bisnis baik secara individu ataupun secara korporasi. Bahkan kenyataannya, seorang pelaku bisnis individu tidak menutup kemungkinan juga akan berkompetisi dengan para corporate atau pemain bisnis besar yang sudah menjadi “gurita” dalam marketnya.

Hal itu menjadi ketakukan bagi para pelaku bisnis yang baru terjun atau para entrepreneur muda. Degan demikian sebuah langkah atau keputusan dalam setiap tindakan berbisnis harulah lebih terstruktur lagi untuk harapannya sebuah bisnis dapat menargetkan calon pasar yang lebih akurat dan lebih relevan nantinya.

Disinilah peran penting Digital Marketing dalam suatu bisnis yakni bertujuan untuk dapat menjangkau dan meraih pelanggan lebih global dan lebih luas, lebih tepat sasaran, dan juga efisien, dan tentunya semua itu dilakukan secara digital atau secara harafiah dengan menggunakan dan memanfaatkan sebuah teknologi.

Fungsi Demographic

Pentingnya Digital Marketing dalam bisnis salah satunya dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk dapat mengetahui dan mengenali pasarnya lebih detail dengan hasil analisa yang sudah diberikan oleh platform tertentu yang digunakan oleh pelaku bisnis dimana mereka memasarkan iklan bisnisnya tersebut.

Hasil Analisa ini tidak Anda dapatkan pada pemasaran iklan offline pada umumnya. Bayangkan ketika Anda memasarkan iklan Anda secara global di media cetak seperti misalnya koran. Tentu Anda tidak mendapatkan laporan hasil analisa seperti, Umur berapakah dari para pembaca yang tertarik dengan iklan Anda? Jenis kelamin atau gender apa yang tertarik dengan iklan Anda, dan pukul berapa para pembaca lebih sering tertarik dengan iklan Anda?

Bahkan lebih hebatnya lagi, ketika Anda menggunakan Digital Marketing untuk mempromosikan Bisnis. Anda dapat menentukan sendiri kepada siapa iklan bisnis Anda dipromosikan. Mulai dari umur, jenis kelamin, usia, lokasi, jam tayang, dan juga perilaku pelanggan semua dapat Anda setting di masing-masing platform digital marketing tersebut.

Baca Juga:  Apa itu Komunikasi Bisnis

Bagaimana Cara Menerapkannya?

Cara melakukan Digital Marketing untuk mulai mempromosikan bisnis Anda sangatlah mudah. Anda mulai dapat melakukan registrasi akun di beberapa sosial media dan juga search engine yang sudah di list dibawah. Link registrasi tersebut akan mengarahkan Anda untuk memulai langkah awal dalam melakukan marketing iklan promosi bisnis yang telah Anda miliki.

Yang perlu dipahami sebelum memulai digital marketing adalah, bahwa tidak semua platform digital marketing akan cocok dengan campaign iklan Anda. Dan begitu juga dengan tidak semua campaign iklan akan cocok dengan metode digital marketing yang akan Anda gunakan.

Karena ada beberapa faktor penentu dalam menggabungkan dan menggunakan platform digital marketing dengan campaign iklan promosi itu sendiri, misalnya dapat dilihat dari faktor urgency iklan, brand awareness, budget dan biaya, dan lain sebagainya. Karena pada hakikatnya, mempelajari digital marketing juga dibutuhkan trial and error secara terus menerus dan membutuhkan pengalaman jam terbang juga.

Namun untuk sekarang kami tidak akan menjelaskan teori terlalu mendalam tentang ilmu digital marketing ini. Kami hanya menjelaskan sekilas tentang gambaran apa dan kenapa digital marketing itu penting dalam bisnis kalian.

Mengingat ada beberapa faktor penentu dalam memanfaatkan platform digital marketing dengan camplain iklan promosi tadi, maka juga ada beberapa tipe jenis campaign behavior dan karakteristik yang berbeda-beda dari setiap jenis platform digital market dan wajib Anda pelajari dan pahami terlebih dahulu sebelum memulainya. Hal ini diperlukan agar bertujuan untuk tidak membuang-buang budget iklan dan menghindari iklan yang tidak relevan dengan demographic target iklan.

Channels & Platfrom Digital Marketing

Ada beberapa tipe channel yang bisa Anda fokuskan untuk memulai melakukan promosi iklan digital marketing. Diantaranya adalah organic channels (gratis) dan paid channels (berbayar). Dimana yang gratis artinya Anda berfokus mendapatkan pelanggan melalui promosi secara gratis, dan begitu pula sebaliknya dengan yang berbayar.

1. Organic Channels

Organic Channels (Gratis) pada umumnya lebih sulit dilakukan untuk berkembang dan membutuhkan investasi awal yang cukup besar, bahkan juga termasuk investasi waktu. Mengapa investasi waktu? Dikarenakan untuk membangun organic channels ini khususnya untuk Anda yang sudah memiliki website akan paham bahwa untuk membuat website anda menjadi peringkat 1 di pencarian Google sangatlah susah dan harus melakukan riset berkelanjutan untuk terus mengembangkan konten releven sesuai dengan niche atau bidang bisnis Anda.

Riset ini adalah riset tentang bagaimana pengembangan konten dengan kata kunci tertentu yang dirasa cukup maksimal dan dapat mengangkat website kita menjadi peringkat 1 di pencarian Google. Jadi, ketika ada pengguna yang mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian Google, website kita dapat ditampilkan oleh Google di posisi paling atas sendiri yakni peringkat nomor 1.

Riset pengembangan konten dan optimasi web tersebut dinamakan SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Dan itu dilakukan tidak bisa instan, melainkan butuh waktu yang sangat lama agar pengembangan konten Anda semakin hari semakin maksimal dan Google dapat menyukai website Anda.

2. Paid Channels

Paid Channels pada umumnya lebih mudah untuk digunakan dan diterapkan pada kondisi dimana pelaku bisnis ingin cepat bisnis dan usahanya dikenal di target iklannya. Metode ini dipakai dan tidak memerlukan investasi awal yang besar, namun seiring berjalannya waktu dan perusahaan Anda berkembang, maka biaya-biaya iklan yang Anda keluarkan juga tentu akan semakin besar, mengingat sebuah perusahaan atau pelaku bisnis harus membayar iklan untuk setiap kunjungan website oleh target iklan yang mengklik iklan Anda.

Baik gratis atau berbayar, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kami dapat menyarankan Anda untuk memulai mencoba semuanya dan dapat Anda tentukan pada akhirnya lebih cocok menggunakan yang mana dan bagaimana besar dampak masing-masing channel tersebut yang sudah Anda coba.

Baca Juga:  7 Tips Cara Memulai Bisnis untuk Pemula

Terutama bagi Anda yang telah memiliki website untuk bisnis Anda, tidak ada salahnya untuk memulai mempelajari lebih dalam apa itu SEO dan Bagaimana Cara Optimasi SEO untuk Konten Website agar halaman website Anda dapat menjadi peringkat 1 pencarian Google. Dengan begitu besar harapan untuk bisnis Anda dapat lebih dikenal secara luas dan global.

3. Sosial Media (Facebook, Twitter, TikTok, Instagram)

Platform sosial media cocok dilakukan bagi para pelaku bisnis yang sedang mengembangkan bisnis dan usahanya. Disini artinya psikologi pelaku bisnis berfokus pada keinginan untuk brand merk atau bisnisnya dapat dikenal lebih jauh oleh sekitar.

Dengan menggunakan sosial media digital marketing itu artinya platform ini dapat digunakan secara gratis dan berbayar. Dan kali ini kita hanya fokus memberikan penjelasan singkat terkait yang berbayar atau paid channels.

Dibandingkan dengan menggunakan secara gratis melalui organic channels sosial media, tidak ada salahnya Anda mencoba memanfaatkan paid channels berbayar di sosial media. Dengan begitu, iklan Anda dapat lebih ditargetkan secara global dengan adanya fitur-fitur demographic. Seperti misalnya kepada siapa Anda ingin menargetkan iklan tersebut, gender pria atau wanita, range umur, lokasi, perilaku target iklan seperti misalnya Anda hanya ingin menampilan iklan bisnis skincare Anda kepada wanita dan yang menyukai kategori kecantikan, itu adalah contoh kecil bagaimana fitur target behaviour atau perilaku target iklan dapat Anda tentukan sendiri.

Dengan demikian, iklan Anda hanya akan tampil kepada target-target iklan Anda secara rinci. Dan tidak menjadi over spending budget atau membuang-buang biaya iklan berlebih dikarenakan iklan Anda ditampilkan secar global dan menyeluruh kepada seluruh rakyat Indonesia yang tentu sekali Anda tidak menginginkan ingin hal itu terjadi.

Itulah salah satu fitur sederhana yang dapat Anda jumpai di sebagian besar platform digital marketing sosial media yang cukup besar, dan sudah terkenal di dunia. Banyak sekali perusahaan besar yang juga menggunakan metode ini. Anda boleh mencoba melakukan paid channels social media digital marketing ini dengan cara registrasi ke link yang sudah kami sediakan di bawah.

Daftar Facebook Ads
Daftar Instagram Ads
Daftar TikTok Ads

4. Search Engine (Google)

Platform digital marketing yang satu ini juga cukup populer dikalangan para pelaku bisnis khususnya mereka yang sudah memiliki website yang dimana website tersebut berisikan tentang promosi bisnisnya dan siap untuk diiklankan di mesin pencari atau search engine seperti Google.

Sama seperti platform social media juga, platform ini dapat digunakan secara gratis dan juga berbayar. Ketika dilakukan secara gratis yang artinya, pelaku bisnis atau pemilik website harus melakukan riset secara berkelanjutan dan terus menerus seiring berjalannya waktu tentang optimasi website untuk SEO dengan tujuan untuk melakukan pengembangan konten web mereka agar lebih dapat dikenal dan lebih sering dimunculkan oleh Google hingga peringkat teratas. Namun jika menggunakan yang berbayar artinya, psikologi pelaku bisnis atau pemilik web tersebut berharap agar iklan pencarian webnya dapat muncul paling teratas ketika pengguna mengetikkan kata kunci tertentu di Google, dan iklan dapat muncul untuk merujuk ke website yang dipromosikan tersebut.

Platform mesin pencari atau search engine cocok digunakan sebagai digital marketing bagi Anda para pelaku bisnis yang sudah memiliki bisnis dan dimana bidang atau niche bisnis Anda sudah cukup dikenal secara umum. Dalam artian, contohnya Anda memiliki usaha jasa pembuatan pintu stainless, dimana bisnis yang Anda geluti ini sudah cukup populer dan orang tahu bahwa jasa ini ada dan mereka sedang mencari dilokasi terdekat sekitar mereka. Artinya dengan begitu Website Anda dapat memperoleh kesempatan untuk ditampilkan di hasil pencarian Google.

Baca Juga:  4 Tips Presentasi Di Depan Rekan Bisnis

Berbeda cerita jika Anda memiliki produk atau bisnis yang tidak cukup populer misalnya, produk yang baru ditemukan dan belum ada di kebanyakan pasar, ambil contoh saja misalnya Alat Bantu Pernafasan Global Warming. Dimana produk tersebut belum banyak orang yang mengetahuinya dan mungkin marketnya masih sangat sedikit. Dengan demikian maka solusinya wajib dilakukan brand awareness terlebih dahulu kepada target iklan bisa menggunakan platform sosial media diawal tadi. Dimana Anda dapat menampilkan iklan berdasarkan perilaku target iklan tanpa harus si target iklan mencari produk Anda terlebih dahulu.

Dibawah link registrasi untuk pendaftaran di iklan Google untuk boleh dicoba jika Anda penasaran. Namun yang perlu diperhatikan adalah, Anda wajib untuk memiliki website terlebih dahulu, karena Google akan meminta link halaman web Anda yang untuk dipromosikan atau diiklankan nanti.

Daftar Google Ads

Belum punya website? Kami siap membantu anda membuatkan website yang juga siap terintegrasi dengan Google Analytics sebagai fitur laporan analisa demographic pengunjung website Anda siapa saja, dari mana, dan menggunakan gadget apa. Semoga harapannya dapat menjadi kisi-kisi untuk Anda dapat membuat iklan di mesin pencari atau search engine lebih tepat sasaran kepada target iklan tertentu.

Jasa Pembuatan Website Terbaik dan Terpercaya

5. Email Marketing

Platform Email Marketing cocok digunakan bagi Anda para pelaku bisnis yang sudah memiliki usaha yang besar dan lebih banyak berinteraksi dengan pelanggan melalui email. Biasanya email marketing ini digunakan oleh bisnis dengan layanan yang berbasis teknologi. Misalnya bisnis travel ataupun e-commerce. Kedua bisnis tersebut sangatlah berkaitan erat dengan komunikasi pelanggan melalui email.

Menggunakan email marketing sebagai media digital marketing biasanya juga harus dibantu oleh software atau program tambahan lain, misalnya CRM (Customer Relation Management). Dimana program ini biasanya juga terintegrasi ke website bisnis Anda, dan secara otomatis akan mengelompokkan pengguna-pengguna website bisnis Anda ke beberapa kategori, misalnya dalam contoh kasus bisnis travel, maka CRM akan bertugas mengelompokkan ke pelanggan yang telah atau pernah membeli tiket di kategori akomodasi yang berbeda-beda. Dengan dimikian jika ada promo dari maskapai terkait, maka pelanggan Anda dapat menerima iklan promo yang lebih relevan sebagai harapan bahwa mereka akan tertarik dengan iklan tersebut.

Email marketing sama halnya dengan Anda membuat broadcast pesan ke aplikasi chat, namun bedanya dengan email marketing dan CRM, semua dapat lebih terstruktur dan diharapkan akan membantu relevansi iklan-iklan bisnis yang Anda buat kepada target pelanggan yang tepat.

Penutup

Tidak ada platform digital marketing untuk melakukan promosi yang lebih baik ataupun lebih cepat mendapatkan pelanggan. Semua bergantung juga kepada faktor-faktor penunjang lain seperti misalnya, permintaan & kompetisi market, harga, pelayanan dan juga value atau nilai dari jasa atau produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan.

Dan platform digital marketing hanyalah sebagai media pembantu untuk memudahkan Anda memasarkan promosi dan iklan Anda agar lebih tepat sasaran dibandingkan cara promosi offline pada umumnya. Hal ini cukup membantu para pelaku usaha untuk dapat memaksimalkan budget iklan dan promosi mereka agar tidak menjadi over spending dan buang-buang biaya iklan.

Terkait hal itu, masih banyak hal tentang ilmu-ilmu digital marketing yang lebih mendalam lainnya. Kami sarankan Anda untuk mempelajarinya lebih lanjut dan tidak ada ruginya jika Anda dapat menerapkan itu ke bisnis dan usaha yang sudah Anda miliki.

Untuk mendapatkan hasil iklan yang optimal dan tepat target maka dibutuhkan waktu dan jam terbang yang banyak sebagai trial and error dan melihat hasil laporan dari masing-masing iklan yang telah kamu buat untuk hingga akhirnya kamu bisa menemukan komposisi yang tepat dari settingan demographic target iklan hingga kamu bisa meraih pelanggan jauh lebih banyak.

WhatsApp Kami