Tips Cara Membangun Branding Bisnis dan Usaha – Memulai sebuah bisnis dan usaha memang tidak mudah. Terutama bagi kalian para calon entrepeneur yang seorang single fighter. Dari mulai strategi, marketing dan lain-lain nya tentu kalian sendiri yang mengerjakannya. Tapi jangan lupa juga untuk membangun sebuah branding bisnis untuk usaha kalian.
Disamping banyaknya orang yang membangun dan menjalankan bisnis dengan berlandaskan kata “Yang Penting Action Dulu” memang bener sih, tapi setidaknya kalian sudah harus memikirkan jangka panjang kemana bisnis kalian akan dibawa. Dan sejauh apa niche bisnis kalian bisa di breakdown dengan baik.
Hal ini sangat diperlukan agar kalian dapat mambangun sebuah brand dengan baik. Disamping itu kalian jadi lebih mengenal jauh lebih dalam ke bisnis kalian.
Tips Cara Membangun Branding Bisnis dan Usaha
1. Mencari Filosofi, Visi & Misi
Ketika kalian membangun sebuah bisnis, mungkin kalian mempunyai motivasi yang kuat kenapa kalian membangun bisnis itu. Terutama untuk kalian yang single fighter pun juga harus memiliki motivasi yang kuat dalam membangun sebuah bisnis.
Motivasi membangun sebuah bisnis ini nantinya akan menggiring kalian untuk bisa mengilhami filosofi-filosofi yang akan terbentuk dengan sendirinya ketika bisnis itu berkembang dengan seiring berjalannya waktu. Dimana filosofi ini yang akan melandasi akar dari semua cerita bisnis-bisnis kamu.
Mambangun branding bisnis memanglah tidak mudah. Kalian dituntut untuk menjadi orang yang harus lebih kreatif dari apa yang biasanya kalian lakukan. Kreatifitas-kreatifas dalam hal berbisnis ini harus mulai diasah sejak awal agar branding bisnis kamu semakin didapatkan dan tentunya bertujuan agar bisnis kamu juga semakin berkarakter.
Mencari Visi dan Misi adalah bentuk kreatifitas dalam wujud hal ekspektasi, tujuan, dan juga alasan kenapa bisnis kalian ini terbentuk. Menciptakan sebuah solusi atas dasar problem atau permasalahan dari kebutuhan masyarakat, memang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi untuk menjadi alasan seseorang membangun sebuah bisnis.
Namun yang perlu diperhatikan adalah, seberapa jauh Anda dapat sustain dan dapat menjalankan visi dan misi tersebut untuk menjadi sebuah fondasi yang kuat dari sebuah bisnis yang Anda bangun.
2. Membangun Karakter Branding
Membangun karakter branding bisnis ini tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan saja. Dan tentu juga harus membutuhkan investasi waktu dan tenaga kalian untuk mencari karakter tersebut.
Alangkah lebih baiknya jika kalian mencari karakter branding berdasarkan sebuah referensi. Referensi ini didapat dari mana? Referensi dapat kalian cari dari kompetitor kalian dan juga referensi perusahaan yang kalian suka atau bisnis yang masih satu niche dengan kalian.
Dengan begitu tidak menjadi terlalu berat PR kalian untuk membangun dan menemukan suatu karakter branding. Lagi-lagi kata kunci yang dipakai disini adalah referensi. Dari referensi tersebut dapat kita kembangkan sendiri sesuai dengan kreatifitas kita.
Yup! Kalian tidak salah. Kalian bisa menggunakan teknik ATM, Amati Tiru dan Modifikasi. Semuanya harus kalian cari dari nol dan mulai menggarapnya dari awal. Terlalu sangat merepotkan terutama bagi kalian yang tidak paham dengan branding bisnis dan cara mengembangkan itu.
Kalian bisa mulai dulu dari adanya sebuah referensi yang kalian sendiri sukai. Dan kembangkan itu. Alangkah lebih baik jika kalian bisa mencari tahu dari referensi itu apa kekurangannya supaya kalian bisa mengembangkannya dan memperbaikinya dengan baik.
3. Membuat Style Guides
Style Guides yang saat ini lebih sering dikenal dengan color palette atau komposisi warna perlu kalian cari juga untuk branding kalian. Besar dari style guides ini akan dijadikan sebagai pedoman untuk kunci branding bisnis dan usaha kalian.
Karena nantinya style guides ini yang akan kalian jadikan sebagai patokan khusus untuk pemilihan warna di berbagai media atau pendukung aset-aset lain yang masuk kedalam bisnis Anda. Media atau pendukung aset-aset seperti apa yang dimaksud? ya media dan pendukung aset seperti template instagram, pewarnaan website, cetak kartu nama, menentukan identitas warna untuk tempat lokasi bisnis dan lain sebagainya.
Bayangkan saja contohnya jika Mc Donald’s tidak menggunakan warna-warna cerah seperti identik dengan wara kuning dan merah. Bayangkan saja jika mereka tidak memilih warna-warna itu sejak dulu. Bisa jadi McDonald’s yang sekarang tidak menjadi seperti yang sekarang.
Sebegitu penting sebuah Style Guides untuk membangun sebuah branding bisnis usaha kalian. Karena semua pada intinya hanyalah mencari sebuah identitas brand untuk bisnis yang kamu tekuni sekarang.
Perhatikan bagaimana Mc’Donald’s membuat styles guides mereka dengan menggunakan identitas kombinasi warna yakni sebagian besar didominasi oleh warna merah dan kuning. Hal ini diperlukan untuk membentuk suatu bagian dari yang namanya branding bisnis itu sendiri.
Jadi kalian para pelaku bisnis harus sudah mulai bisa membuat styles guide yang memang sesuai dengan filosofi bisnis kalian. Kalian bisa menentukan warna berdasarkan karakteristik dari setiap arti warna-warna yang ada. Pastikan pemilihan warna juga harus selaras dengan penyampaian pesan branding bisnis dan identitas secara visual.
4. Membuat Logo
Pembuatan logo menjadi sebuah titik penting bagi para pelaku bisnis saat ini. Kalau sekarang semuanya tidak harus selalu melulu tentang logo, logo dan logo. Namun hal ini perlu menjadi pertimbangan para semua pelaku bisnis, bahwa logo menjadi sangat penting ketika ingin membangun sebuah user experience pelanggan yang tak terlupakan. Bagaimana logo tersebut dapat membawa pengalaman baru untuk pelanggan Anda
Namun sah-sah saja bagi mereka pelaku bisnis untuk memulai melakukan sketsa logo yang memang harus sesuai dengan filosofi, visi, misi, karakter dan style guides yang sudah dimiliki. Bagaimanapun caranya, yang terpenting logo harus dapat membawa user experience yang tak terlupakan bagi pelanggan Anda
Logo-logo yang kalian buat haruslah authentic dan bersifat original. Dengan kata lain, logo yang Anda buat harus dengan jujur menunjukkan Identitas dan karakter dari bisnis yang Anda buat. Logo yang baik adalah logo yang dapat menyampaikan pesan identitas dan karakter branding Anda secara visual melalui logo itu sendiri.
Sebagai referensi logo dari Google, sesimple itu sebuah logo Google hanya berinisial G dengan kombinasi warna merah, kuning, hijau dan biru. Ini memberikan kesan bahwa brand Google mengutamakan kemudahan dan pesan yang dinamis untuk para penggunanya.
Penggunaan kombinasi warna tersebut juga memberikan kesan bahwa google berani masuk kesemua target pasar dan secara global mengajak semua para generasi untuk menggunakan brandnya. Dengan begitu Google memberikan pemberian warna yang terkesan muda dan bersahabat untuk para penggunanya.
5. Membangun Branding Sosmed
Social media menjadi media marketing yang cukup powerfull akhir-akhir ini. Siapapun target pasar Anda, mereka semua ada di sosial media. Terutama Instagram, salah satu sosmed dengan user interface yang mudah bagi para penggunanya.
Inilah menjadi alasan penting untuk kalian para pelaku bisnis untuk dapat memulai membangun branding bisnis dimulai dari sosial media. Gunakan dan manfaatkan follower dan following Anda untuk dapat mulai mengetahui bagaimana karakter bisnis Anda. Dan berikan kesan terbaik dalam branding tersebut.
Membangun branding sosmed tidak sesusah yang Anda pikirkan, yang terpenting harus ada keingan dari kalian dulu untuk dapat membawa user experience yang tidak terlupakan bagi pelanggan kalian. Seiring berjalannya waktu dan ketika branding Anda sudah semakin berkarakter maka dengan sendirinya pelanggan Anda akan merasakan experience atau pengalaman tersebut bahwa bisnis dan usaha Anda unik adanya.
Penutup
Begitulah kiranya Tips Cara Membangun Branding Bisnis dan Usaha untuk menambah wawasan kalian dalam membangun branding bisnis dan usaha yang kalian miliki. Saran terakhir dari kami yaitu kalian bisa mencoba mencari referensi branding dari perusahaan yang kalian sukai terlebih dahulu.
Dengan begitu jauh akan lebih mudah untuk kalian dapat mengembangkan kreatifitas kalian sendiri untuk melakukan branding bisnis dan usaha yang telah kalian jalani atau tekuni sekarang.
***
Jasa desain, website, pembuatan artikel dan SEO di Yogyakarta.
- Jasa Pembuatan Website Profesional: Website Bisnis, Website Usaha, Website UMKM, Website Company Profile, Website Berita, Website Toko Online, Website Sekolah, Website Portofolio, Website Pribadi, Website Blog, Website Galeri Foto, Website Komunitas, Website Ekspor Impor, Website Sales Mobil/Motor, Website Properti/Real Estate, Website Tour dan Travel, Website Layanan Jasa, Website Podcast
- Jasa Landing Page: Katalog, Produk, Daftar Harga, Bio Link
- Jasa Penulisan Artikel SEO Terbaik
- Jasa Kelola Website
- Jasa Backlink
Kami siap membantu segala kebutuhan pembuatan website usaha Anda. Konsultasikan gratis!
✅ Free Domain (1 Tahun)
✅ Unlimited Hosting (1 Tahun)
✅ Desain Website Kustom Premium
✅ Free Halaman Produk
✅ Free Halaman Artikel
✅ Website Terakses Cepat
✅ SEO On Page
✅ Tidak Perlu Belajar Mengoding
✅ Tidak Perlu Skill Desain
✅ Bantuan Professional untuk Maintenance Selama Website Masih Aktif
Hubungi WA: Jasa Website Jogja, untuk informasi lebih lanjut.
Beri Ulasan