Apa itu SEO dan Faktor Penentu Penting Untuk Bisnis

Apa itu SEO dan Faktor Penentu Penting Untuk Bisnis

Sering mendengar kata SEO? Biasanya kata-kata ini banyak disebut di berbagai jurnal media bisnis dan juga lingkup dunia digital marketing. Meskipun SEO tidak terlalu menjadi sorotan utama dalam deskjob digital marketing, namun yang satu ini menjadi sangat penting untuk membangun kelangsungan bisnis jangka panjang.

Dalam artikel kali ini, kami akan kenalkan kalian terkait pengertian dan juga peranan fungsinya untuk mendukung suatu bisnis.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Bertujuan agar website dapat muncul pada halaman pencarian teratas mesin pencari seperti Google ketika pengguna melakukan browsing dengan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan niche konten website Anda.

Konfigurasi SEO tidak dapat langsung jadi dengan instan. Konfigurasi ini membutuhkan waktu agar dapat berkembang dan bekerja secara optimal. Mengapa demikian? Akan kami jelaskan dibagian bawah nanti.

Buat kamu yang belum memiliki website untuk promosi bisnis kamu di Internet, kontak kami yuk.

Kenapa SEO Penting Untuk Bisnis?

Bayangkan jika memiliki sebuah bisnis dan menggunakan website sebagai media promosi untuk produk atau jasa yang dijual. Jika pelanggan mencari bisnis Anda di Google, dan website Anda muncul dalam hasil pencarian teratas. Tentu sangat menguntungkan untuk bisnis Anda. Dengan kata lain, Anda dipromosikan Google secara gratis.

Itulah pentingnya SEO untuk sebuah bisnis yang sudah memiliki website sebagai media promosi produk/layanan kepada pelanggan. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara melakukan konfigurasi SEO? Akan langsung kami jelaskan dibawah.

Bagaimana Cara Melakukan SEO Website Bisnis?

Anda dapat menggunakan plugin atau tools untuk website yang berbasis wordpress. Dengan menggunakan plugin tools SEO Anda memiliki banyak keuntungan. Diantaranya adalah kemudahan untuk melakukan konfigurasi judul, snippet deskripsi, fokus kata kunci, schema dan masih banyak keuntungan lainnya. Dan hebatnya lagi, Anda akan mendapatkan sitemap yang sangat berguna untuk proses index ke mesin pencari.

Penggunaan plugin tersebut dapat juga membantu Anda untuk menunjukkan parameter score isi konten halaman website Anda. Bayangkan jika bisnis yang Anda miliki adalah bisnis jasa perangkaian bunga. Tentu untuk membuat SEO yang baik, website Anda harus selalu membahas niche yang berhubungan dengan bunga, florist, rangkaian bunga dan lain sejenisnya.

Baca Juga:  SEO WordPress - 4 Cara Untuk Memaksimalkannya

Disitulah fungsi plugin atau tools tersebut, untuk dapat memberi tahu seberapa baik score pengembangan konten niche bisnis Anda. Parameter score tersebut juga dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk dapat memperoleh score SEO yang baik yang diharapkan bisa masuk ke halaman pencarian teratas di mesin pencari.

Ingat! Apapun niche bisnis yang Anda promosikan dalam website, cobalah untuk melakukan konfigurasi SEO sejak dini agar dapat memudahkan Anda sebelum konten dalam website Anda menjadi lebih banyak dan lebih besar lagi.

1. Judul Halaman/Konten

Tidak boleh asal untuk menentukan judul konten atau halaman website. Lakukan riset kata kunci jika memang diperlukan. Carilah kata kunci yang sekiranya banyak dicari oleh pelanggan Anda.

Dengan melakukan riset kata kunci, web Anda juga akan ikut masuk kedalam kompetisi kata kunci tersebut. Hal ini dapat menaikkan peringkat web Anda agar semakin dapat mudah ditemukan oleh pelanggan Anda.

Perhatikan kata kunci yang Anda gunakan. Sebaik-baiknya kata kunci harus dapat memberikan informasi yang bernilai untuk pelanggan atau pembaca Anda.

Jika Anda memiliki bisnis jasa florist, buatlah konten dengan judul yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalani. Tidak menutup kemungkinan, para pembaca artikel blog Anda juga sedang mencari jasa yang sedang Anda tawarkan bukan?

2. Kata Kunci Focus (Focus Keyword)

Memiliki fokus kata kunci sangat diperlukan untuk membuat dan membangun SEO konten yang baik. Buat kalian yang masih awam dengan istilah kata kunci focus atau yang sering disebut juga focus keyword, mimin akan coba jelasin secara singkat.

Focus Keyword adalah kata kunci yang ingin kita optimalkan dalam suatu pembuatan konten. Dengan harapan kata kunci ini sering dicari oleh user di pencarian Google dan website kita dapat muncul di hasil pencarian.

Misalnya Ketika Anda membuat konten blog dengan judul “Cara Membuat Pintu Pagar Minimalis”. Anda dapat membuat beberapa kombinasi fokus kata kunci misalnya, “Pagar Minimalis”, “Pintu Pagar, “Pintu Pagar Minimalis”, dan lain sejenisnya.

Menjadi sah-sah saja untuk apapun kata kunci yang Anda temukan dengan kreativitas Anda. Namun jika bisa, tentukan sebuah kata kunci dengan hasil pencarian user yang optimal. Ini artinya Anda harus melakukan riset menggunakan beberapa tools SEO yang dapat kami rekomendasikan seperti misalnya:

  • Ahrefs Free SEO Tools
  • Semrush SEO Tools
Baca Juga:  Pentingnya Website Untuk Perkembangan Bisnis

Dengan menggunakan Tools SEO Tersebut dapat diharapkan kalian bisa menemukan ide kata kunci yang tepat untuk menjadi target pengembangan konten kalian. Semakin besar rasio pencarian kata kunci tersebut oleh pengguna, semakin tinggi kesempatan kalian untuk bisa berkompetisi dalam niche keyword tersebut.

Jika website kalian bisa tampil di halaman pencarian Google, Selamat!!! Anda baru saja memenangkan kompetisi niche topic Anda.

3. Snippet/Deskripsi Halaman

Semenarik judul konten kalian di halaman pencarian Google, namun jika tidak memiliki snippet atau cuplikan deskripsi, tentu tidak membuat orang menarik untuk membuka Web Anda.

Dengan menggunakan cuplikan deskripsi yang unik dan menarik yang akan muncul di halaman pencarian Google, tentu dapat menarik pengunjung untuk merasa kepo dengan isi konten Anda. Buatkan deskripsi snippet sekreatif dan seunik mungkin.

Hindari kata-kata yang mengandung clickbait yang tidak relevan dengan isi konten. Pengunjung tidak suka dengan clickbait yang tidak relevan dengan isi konten, karena itu hanya akan membuang-buang waktu pengunjung. Tidak malah membuat website memiliki reputasi baik, tapi malah sebaliknya.

4. Backlinks & Traffic

Banyak dari pemula yang masih belum mengetahui apa sebenarnya arti backlink. Backlink layaknya seperti sebuah reputasi dalam dunia digital marketing, terutama untuk sebuah website. Backlink memiliki pengertian seberapa sering link website kamu dimention oleh website-website lain yang ada diseluruh penjuru dunia.

Backlink sangat menguntungkan banyak pelaku bisnis. Bayangkan saja ketika web kalian dimention di web terkenal dengan traffic bulanan yang sangat fantastis, misalnya web kalian dimention di portal berita seperti detik.com atau cnbcindonesia.com.

Tentu hal ini sangat menaikan kredibilitas kamu ke mesin pencari seperti Google. Website kamu jauh lebih sering muncul ke halaman pencarian teratas jika kamu memiliki banyak backlink dengan kualitas tinggi.

Arti kualitas tinggi disini adalah, Google tetap tidak akan menaikkan ranking web kamu ketika backlink yang kamu miliki hanya berada pada website yang tidak memiliki traffic tinggi. Begitupun dengan traffic yang kamu miliki di website kamu. Semakin tinggi traffic yang kamu miliki, semakin tinggi Google merekomendasikan web kamu di hasil pencarian.

Baca Juga:  Cara Membuat Website Untuk Bisnis Desain Interior

Jadi, kalau kamu ingin memiliki backlink, pastikan kamu memiliki backlink yang berkualitas di web-web yang tentu sudah mempunyai traffic yang sangat tinggi.

5. Sitemap & Indexing

Web Indexing adalah proses mesin pencari seperti Google melakukan crawling ke website kamu. Proses crawling dapat diartikan seperti scanning atau pembacaan. Bertujuan agar mesin pencari dapat mengerti isi konten website kamu dan dapat memunculkannya di hasil pencarian jika ada user yang mencari dengan kata kunci yang relevan dengan isi konten web kamu.

Inilah tujuan dari Indexing. Ketika kamu sudah selesai melakukan semua konfigurasi website, saatnya kamu memberi tahu Google bahwa website siap untuk diindex.

Cara melakukan index ke mesin pencari adalah dengan cara kamu mengirimkan link sitemap websitemu ke webmaster masing-masing mesin pencari. Daftar link webmaster mesin pencari terkenal:

Sitemap adalah sebuah link yang wajib kamu miliki untuk website kamu. Dimana link sitemap ini berisikan tentang list halaman atau blog konten apa saja yang ada di web kamu yang sudah kamu tentukan dan kamu inginkan untuk masuk dimesin pencari.

Perlu diketahui bahwa link sitemap beserta isi list kontennya tidak kamu buat secara manual satu per satu, melainkan dibuat dengan bantuan plugin SEO yang kamu gunakan.

Plugin SEO akan membuat link sitemap beserta isinya secara otomatis, kamu hanya perlu melakukan sedikit konfigurasi.

Kesimpulan dan Penutup

Cobalah selangkah lebih maju dari kompetitormu untuk masuk ke bisnis yang lebih digital. Gunakan dan manfaatkan internet untuk promosi bisnis.

Dengan memiliki website contohnya, secara digital kamu dapat lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan kamu melalui hasil pencarian Google. Bayangkan ketika seseorang yang baru pindah rumah ke lokasi dekat bisnis kamu. Dan calon pelangganmu sedang mencari produk atau jasa yang bisa kamu tawarkan.

Contoh studi kasus tersebut wajib kamu jadikan pertimbangan untuk memiliki sebuah website. Pastikan jika kamu memiliki sebuah website manfaatkan platform seperti Google Maps, dan juga Google Ads untuk dapat meraih pelanggan di sekitar kamu jauh lebih besar.

WhatsApp Kami